Zoominar Implementasi PPI Covid-19 pada Kegiatan Klinis Sehari-hari

 Home / Berita /Zoominar Implementasi PPI Covid-19 pada Kegiatan Klinis Sehari-hari
Zoominar Implementasi PPI Covid-19 pada Kegiatan Klinis Sehari-hari

Zoominar Implementasi PPI Covid-19 pada Kegiatan Klinis Sehari-hari

Jakarta, Emerging Infectious Disease merupakan penyakit baru yang muncul dan salah satunya yaitu Severe Acute Respiratory (SARS) hingga Avian Influenza pada abad kedua puluh satu saat ini sejak akhir tahun 2019 telah terjadi pandemic Novel Coronavirus (Covid-19). Coronavirus merupakan salah satu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan ataupun manusia. Beberapa jenis Coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia melalui batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan SARS. Pandemi corona telah menyebabkan jutaan jiwa terinfeksi dan mengalami sakit Covid-19 termasuk di Indonesia.

Penatalaksanaan di Rumah Sakit dalam  menangani Virus ini dilakukan sedemikian rupa dengan kewaspadaan ketat untuk mencegah penularan baik dari pasien ke petugas ataupun dari pasien ke pasien dan petugas ke petugas. Oleh sebab itu penanganan wabah ini harus dilaksanakan dengan manajemen yang bagus dari sisi asuhan keparawatan, asuhan medic, manajemen pelayanan dan yang utama dalam pencegahan dan pengendalian infeksinya. Peningkatan keamanan lingkungan kerja sesuai dengan langkah yang dianjurkan dapat menurunkan risiko transmisi sehingga dibutuhkan kebijakan dan dukungan pimpinan untuk mengelola pelaksanaan Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) di lapangan, baik dalam hal pengadaan sarana, pelatihan untuk petugas kesehatan, dan penyuluhan untuk pasien serta pengunjung. Hal tersebut penting dalam meningkatkan lingkungan kerja yang aman di tempat pelayanan kesehatan.. Oleh sebab itu Komite PPI RSUP Persahabatan Jakarta tergerak untuk berbagi ilmu mengenai penerapan pengelolaan PPI pada kegiatan klinis sehari-hari dengan mengadakan kegiatan Zoominar yang diklaksanakan pada hari Sabtu 29 Agustus 2020 dengan tema “ Implementasi PPI Covid-19 pada Kegiatan Klinis Sehari-hari”.

Kegiatan zoominar ini menghadirkan empat narasumber, yaitu dr. Irwin Tedja, Sp.PD (Perubahan Budaya Perilaku Nakes di Masa Pandemi Covid-19), dr. Made Desi, Sp. OG(K) (PPI Covid-19 pada Perawatan Pasien Kandungan dan Kebidanan), dr. Ena Sari Kencana, Sp.THT-KL (PPI  pada Pelayanan THT di Masa Pandemi Covid-19) dan dr. Putri, SpF (PPI pada Pelayanan Foreksik di Masa Pandemi Covid-19).(Hukormas)