Layanan Inovasi Geriatri Bagi Lansia di RSUP Persahabatan

 Home / Berita /Layanan Inovasi Geriatri Bagi Lansia di RSUP Persahabatan
Layanan Inovasi Geriatri Bagi Lansia di RSUP Persahabatan

Layanan Inovasi Geriatri Bagi Lansia di RSUP Persahabatan

Dalam Rangka Hari Lansia Nasional 2022, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menghadirkan Layanan Inovasi Geriatri Bagi Lansia. Acara dibuka oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P (K), FISR, FAPSR. Selasa (7/6/2022).

 

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2022 tentang  Standar Akreditasi Rumah Sakit, populasi geriatri merupakan populasi risiko tinggi yang memerlukan pelayanan risiko tinggi khusus yang dinyatakan dalam  Standar Pelayanan & Asuhan Pasien agar Rumah Sakit memperbaiki kualitas dan kuantitas pelayanan geriatrinya.

 

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan telah mengakomodir kebutuhan masyarakat melalui inovasi beberapa layanan baru geriatri dengan rentang yang luas mulai dari deteksi dini,  pelayanan geriatri eksekutif, penyediaan catering, hingga berbagai jenis layanan home care, melengkapi layanan yang sudah ada seperti vaksin lansia, akupunktur lansia, serta Poli Terpadu Geriatri Reguler.

 

RSUP Persahabatan merupakan Rumah Sakit  yang mampu menyediakan pelayanan paripurna yang didukung dengan kualitas Sumber Daya Manusia yang baik. Sebelumnya RSUP Persahabatan sudah melakukan survei tentang kebutuhan lansia di wilayah Jakarta Timur.  Dr. Agus mengatakaan, “Dari 1.223 responden yang disurvei, keluhan yang sering dirasakan adalah tidak adanya pelayanan khusus bagi lansia di Rumah Sakit. Pada prinsipnya layanan itu adalah salah satu upaya kami untuk memenuhi standar akreditasi Rumah Sakit dan juga mendukung kesehatan usia lanjut di negara kita”.

 

Sebelumnya Direktrur Medik Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang DR.dr. Nina Kemala Sari, Sp.PD.,K-Ger., MPH dalam paparannya menyampaikan “Dengan inovasi-inovasi baru dapat diketahui kesehatan lansia, seperti senior medical check up yang dapat mendeteksi dini agar kebugaran lansia tetap terjaga mulai dari fisik, mental, kognitif. Ada juga friendly kitchen yang menjaga kesehatan lansia berawal dari makanan, asupan makanan sangat menentukan kebugaran lansia”.

 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur Achmad Salahudin, M.Si.”Memberikan apresiasi atas kehadiran layanan Geriatri bagi lansia dan penghargaan setinggi-tingginya kepada RSUP Persahabatan, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat”.

 

Inovasi layanan khusus lansia di RSUP Persahabatan sebagai berikut :

  1. Senior Medical Check Up
  2. Friendly Kitchen, catering untuk mencegah frailty/ kerapuhan pada lansia
  3. Friendly Home Care, mobil khusus home care
  4. Vaksin Lansia
  5. Akupuntur Lansia
  6. Rawat Inap Eksekutif Griya Puspa Ramah Lansia
  7. Poliklinik Reguler Tim Terpadu Geriatri
  8. Poliklinik Tim Geriatri Terpadu Geriatri Eksekutif Griya Puspa, serta  
  9. Poliklinik Geriatri Eksekutif di Instalasi Pelayanan Eksekutif Griya Puspa. 

1. Senior Medical Check Up

Pemeriksaan Kesehatan secara teratur dapat menghindarkan lansia dari penyakit yang dapat di deteksi dan di tatalaksana lebih awal. Kebugaran lansia sangat mempengaruhi kualitas hidup. Lansia yang memeriksakan kesehatannya akan di evaluasi oleh Tim Terpadu Geriatri, dari mulai fisik, mental, kognitif, status nutrisi, Kesehatan organ dalam disertai dengan pengecekan laborat yang disesuaikan dengan paket yang diambil. Ada 4 paket pilihan untuk Senior Medical Check Up, yakni : Paket Senior MCU Basic, Paket Senior MCU Silver, Paket Senior MCU Gold dan Paket Senior MCU Platinum.

 

Pada Paket Senior MCU Platinum, lansia akan diperiksakan panel – panel Kanker. Kanker apabila sudah terdeteksi lebih dini maka tingkat kesembuhannya tinggi. Dipaket ini juga mencakup pemeriksaan CPX untuk menilai kebugaran Jantung dan Paru, selain tentu saja mendapatkan Assesment Lengkap oleh Tim Terpadu Geriatri RSUP Persahabatan.

 

2. Friendly Kitchen catering untuk mencegah frailty/ kerapuhan pada lansia

Lansia sehat dan bugar tentu adalah lansia yang menjaga kesehatannya, salah satu upaya menjaga Kesehatan berawal dari makanan. Apa yang dimakan sangat menentukan kebugaran pada lansia. RSUP Persahabatan membuka layanan baru yakni Friendly Kitchen yang dikelola oleh Bagian Gizi RSUP Persahabatan di bawah pemantauan dari Spesialis Gizi Klinik, dan menu – menu yang di sajikan tidak hanya membuat mata dan lidah bahagia, badan lansia menjadi bugar, karena kandungan protein yang di berikan sudah sesuai dengan kebutuhan lansia untuk menjaga kebugaran dan menghindarkan lansia dari sakit berat.

 

3. Friendly Home Care Griya Puspa, mobil khusus home care

Kebutuhan akan pelayanan kesehatan semakin meningkat di era pandemi, terutama pada kelompok lansia dengan keterbatasan fisik, maupun dengan ketergantungan baik ringan, sedang, berat ataupun total. RSUP Persahabatan menawarkan layanan Home Care untuk semua umur dan terutama lansia, agar tetap dapat mengakses pelayanan Kesehatan dengan optimal. Sehingga kebutuhan medis pada pasien tetap terpenuhi meskipun dari rumah. Friendly Home Care dilengkapi dengan 1 mobil Home Care, beserta Tim Home Care  dengan alat yang dibutuhkan dalam menangani pasien.

Untuk mengkases layanan ini dapat melakukan pemesanan sebelumnya pada Pendaftaran Griya Puspa, kemudian pasien atau keluarga dapat mengisi form / link yang diberikan sehingga dapat diperkirakan apa saja kebutuhan Home Care pada pasien.

 

4. Vaksin Lansia

Lanjut usia merupakan kelompok yang rentan dengan infeksi mikroba. Tujuan vaksin sendiri adalah mengenalkan tubuh terhadap agen bakteri atau virus, baik dalam bentuk masih hidup, sudah dilemahkan ataupun dalam bentuk toksinnya. Harapan dari vaksin ini adalah bila tubuh sudah terpapar sebelumnya maka bila agen mikroba ini menyerang, lansia sudah punya kekebalan tubuh melawan mikroba tersebut. Harapannya tidak jatuh dalam kondisi kesakitan yang lebih berat, dikarenakan imunitas lansia dan cadangan fisiologinya yang sudah mulai menurun.

 

Sangat penting di era pandemi ini, lansia di vaksin selain vaksinasi Covid 19. Banyak mikroba yang berbahaya yang bila menyerang lansia saat kondisi tidak bugar, menyebabkan angka rawat inap menjadi tinggi dengan kematian menjadi meningkat.

RSUP Persahabatan telah mempunyai Poli Vaksin yang menyediakan Vaksin Meningitis untuk 2 tahun sekali, Pnemokokus untuk seumur hidup dan Vaksi Flu 1 tahun sekali, yang dapat diberikan untuk lansia, yang dapat melindungi Lansia dari kesakitan yang dapat mengakibatkan kematian.

 

5. Pelayanan Akupuntur oleh dokter Spesialis Akupuntur

Layanan ini sangat membantu lansia, yang akrab dengan masalah nyeri, depresi, insomnia, Alzeimer, intake sulit, konstipasi, inkonstinesia urin, gangguan keseimbangan serta gangguan pernafasan kronik seperti asma dan PPOK. Dalam memberikan terapi obat – obatann pada lansia, pengobatan sebaiknya diberikan atas indikasi yang sangat diperlukan, karena cadangan fisiologis pada lansia sudah menurun sehingga penggunaan obat – obatan menjadi keseharian lansia sebaiknya dibatasi. Akupuntur dapat menjadi pilihan yang tepat dalam mengatasi masalah pada lansia yang sudah kebanyakan meminum obat, atau yang sudah mempunyai komplikasi dari berbagai penyakit maupun lansia yang tidak mau selalu bergantung pada obat – obatan.

 

6. Rawat Inap Akut Eksekutif Griya Puspa

Griya Puspa mengusung konsep ramah lansia pada kamar rawat inap akut eksekutif yang dilengkapi dengan Tenaga Keperawatan yang mumpuni, dan ruangan rawat inap dengan memperhatikan standar keselamatan pasien disertai dengan pemenuhan kebutuhan lansia di rawat inap. Agar lansia yang mengalami sakit akut, menjadi lebih dimudahkan untuk mandiri Ketika akan dipulangkan.

 

7. Layanan Poliklinik Reguler Rawat Jalan

Layanan di Poliklinik Reguler di RSUP Persahabatan, mengedepankan layanan one stop service, dari mulai pendaftaran dengan loket khusus lansia, dan pelayanan Tim Terpadu Geriatri, terdiri dari Penyakit Dalam, Saraf, Gizi Klinik, Rehabillitasi Medik, Paru, Jantung, Orthopedi. Dapat dilakukan pada poli ini. Pelayanan baru dibuka di hari Rabu setiap minggunya. Jadwal praktek Poli Geriatri Reguler di IRJ setiap Rabu Pukul  08.00 WIB - 12.00 WIB.

 

8. Layanan Poliklinik Eksekutif Tim Terpadu Geriatri

Mengusung pelayanan ramah lansia, pasien dengan usia > 60 tahun, yang akan dilakukan skrining terlebih dahulu oleh Perawat Polilklinik Griya Puspa, bila dari hasil skrining tersebut pasien masuk menjadi kandidat pasien Geriatri, maka disarankan untuk Rawat Bersama dengan Tim Terpadu Geriatri dan akan memperoleh Assesment lengkap mengenai Kondisi pasien, baik fisik, nutrisi, psikis, dan kognitif. Bila di dapatkan gangguan maka pasien akan di konsulkan kepada dokter Spesialis yang berkaitan dengan masalah yang ditemukan dari Assesmen lengkap yang dilakukan untuk ditatalaksana lebih lanjut, sehingga lansia tersebut lebih terjaga kualitas kesehatannya dan kualitas hidupnya. Layanan Geriatri 081380901409. Jadwal praktek  Poli Geriatri Eksekutif Griya Puspa: Senin-Rabu-Jum'at Pukul 14.00 WIB -16.00 WiB. (Hukormas)