Cari Dokter
Profile Tokoh
Selasa, 07 februari 2017
KEPALA BAGIAN SUMBER DAYA MANUSIA Heru Tri Subagyo, S.Sos, MM
KEPALA BAGIAN SUMBER DAYA MANUSIA Heru Tri Subagyo, S.Sos, MM

 

PROFIL TOKOH

Heru Tri Subagyo, S.Sos, MM

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia

 

“MILIKI TEPO SELIRO TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR”

 

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) RSUP Persahabatan saat ini di jabat oleh Heru Tri Subagyo, S.Sos, MM. Dalam kesehariannya akrab dengan sapaan Pak Heru ini lahir di Jakarta pada tanggal 08 Maret 1969. Tumbuh dan besar di Jakarta tepatnya di daerah Pasar Minggu, Pak Heru bersekolah di  SDN  Tanjung Barat 05 lulus tahun 1982, melanjutkan ke SMPN 98 dan lulus tahun 1985, masuk SMAN 38. Sewaktu remaja Pak Heru aktif bergabung dalam tim olahraga volley.

Setamatnya dari SMA pada tahun 1988, Pak Heru langsung bekerja sampai akhirnya mendapatkan kesempatan mengikuti ujian seleksi sebagai CPNS Kementerian Kesehatan pada tahun 1993. Diangkat sebagai CPNS dengan pangkat Pengatur Muda golongan II/a pada tahun 1994 Pak Heru bergabung menjadi staf di Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan.

Sejak ditugaskan di Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan sampai sekarang, hal-hal yang berkaitan dengan kepegawaian telah menjadi satu bidang yang asik digeluti Pak Heru.  Meski sudah diangkat menjadi PNS, pria humoris ini mempunyai keinginan untuk berkembang dan memutuskan untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sambil bekerja, hingga akhirnya lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi tahun 1998 dan melanjutkan lagi pendidikan pasca sarjana di Universitas Surapati, lulus tahun 2009.

Kesempatan sebagai PNS, Pak Heru dangkat sebagai pejabat fungsional Analis Kepegawaian yang  diangkat oleh Menkes. Perjalanan karir sosok yang rendah hati dan ringan tangan selama di Kementerian Kesehatan terus berkembang, hingga pada tahun 2006 Pak Heru diangkat sebagai Kepala Sub Bagian Kenaikan Pangkat di Biro Kepegawaian sampai tahun 2011. Kemudian Pak Heru pindah tugas sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian pada Sektretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan (Ditjen BUK) Kementerian Kesehatan. Pada akhir tahun  12 dipromosikan menjadi Kepala Bagian Sumber Daya Manusia di RSUP Persahabatan sampai saat ini.

Suatu yang selalu di syukuri, Pak Heru yang berlatar belakang pendidikan non kesehatan tetapi dapat berkontribusi dan menjadi bagian di Instansi  Kesehatan,  menduduki jabatan yang cukup strategis, punya banyak teman  dan pekerjaanya berkaitan dengan pengelolaan manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu yang disukainya.

Pertemuannya dengan sang Isteri Marleni Desnita, S.Psi  pada saat sama-sama mengikuti pendidikan prajabatan, tiga tahun sempat tidak ada kontak dan baru bertemu kembali di RSCM saat Pak Heru menjenguk atasan yang saat itu sedang dirawat. Saat itu Ibu Marleni sebagai perawat di rumah sakit tersebut, disaat itulah komunikasi terjalin kembali  dan menjadi awal hubungan yang berlanjut ke pernikahan pada tahun 1999. Saat ini Pak Heru telah dikaruniai dua orang putra yaitu Brahma Setya Naufaldy lahir tahun 2000, dan yang kedua  Mohammad Erlangga Febrian, lahir tahun 2003.

Memiliki hobby berolahraga, hingga saat ini Pak Heru rutin bermain bulutangkis dan kerap mengajak rekan-rekan lainnya sebagai salah satu bentuk dan caranya bersosialisasi.  Selain bulutangkis Pak Heru juga gemar memancing bahkan tergabung dalam klub yang beranggotakan 50 orang karyawan. Menurutnya kegiatan seperti  ini perlu dilakukan karena bukan hanya menyalurkan hobby dan manfaat dari berolahraga semata, tetapi kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan sesama masyarakat Karyawan RSUP Persahabatan.  Kebiasaan berkumpul ini terbentuk sejak  kecil melalui organisasi masyarakat dilingkungan rumah sebagai anggota karang taruna atau perkumpulan olah raga.  Pak Heru mendapatkan pengajaran dari Ibu yang berprofesi sebagai guru agar didalam hidup ini selalu bisa berbuat positif, berkontribusi sekecil apapun peran kita dan bersosialisasi dengan orang lain. 

Pak Heru melihat RSUP Persahabatan sebagai kelembagaan yang multi fungsi dan memiliki kompleksitas yang tinggi, banyaknya ragam unsur – unsur  yang ada di RSUP Persahabatan seperti banyaknya jenis ketenagaan, latar belakang pendidikan dan karakter dari berbagai orang. Arahannya kepada staf dan rekan-rekan kerjanya di Bagian SDM agar masing-masing dapat berbaur “memasyarakatkan dirinya” terhadap orang-orang disekitar.

Menurutnya langkah konkrit dalam membangun RSP yaitu dengan menciptakan SDM yang mampu bersaing dalam rangka mendukung pengembangan rumah sakit untuk mencapai visi dan misinya melalui peningkatan kompetensi pegawai, membentuk karakter dengan berani melakukan perubahan diantaranya ber-transformasi dan hal-hal lain yang dapat menunjang dan mendukung program rumah sakit .

Ditekankan kepada rekan-rekan kerjanya di Bagian Sumber Daya Manusia, sebagai mitra kerja seluruh pegawai rumah sakit agar dalam bekerja tidak gegabah. Bila ditemui ada permasalahan hendaknya dipahami terlebih dahulu, permasalahan dicerna dan dikomunikasikan baru kemudian disimpulkan dan dicari jalan pemecahannya, selalu bersikap sabar, senantiasa menciptakan suasana bekerja sama dan menjaga sikap tepo seliro.

Dengan melakukan penguatan kerjasama sebagai satu teamwork, bersikap terbuka terhadap perbaikan dan mau belajar mendengar serta memahami suatu masalah yang kita hadapi maka kita akan dapat dengan tepat mengambil sebuah keputusan.

Harapan bagi semua karyawan RSP adalah agar semua karyawan dapat bekerja dengan suasana Nyaman, setidaknya harus patuh terhadap standar-standar dan aturan yang telah ditetapkan atau  bahkan harus bekerja lebih baik dan penuh tanggung jawab.

 

Pak Heru

Sesi Wawancara Tim IPH & PKRS bersama Ka.Bag SDM RSUP Persahabatan



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas