BERBAGI PEDULI

 Home / Berita /BERBAGI PEDULI
BERBAGI PEDULI

BERBAGI PEDULI

Berbagi kepedulian dengan lingkungan sekitar, Sabtu, 14 Oktober 2017 RSUP Persahabatan bekerja sama dengan Kelurahan Cipinang, Jakarta Timur mengadakan bakti sosial. Dimulai pukul 07.00 warga begitu antusias dengan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke 54 RSUP Persahabatan ini. Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP Persahabatan, dr Mohammad Ali Toha, MARS, mengatakan “RSUP Persahabatan menjadi One Stop Service dalam kegiatan ini dimana rumah sakit tidak hanya melakukan pemeriksaan pasien tapi juga membina pasien dengan melayani secara bersahabat. “

Acara selanjutnya dilakukan penyerahan tanda kasih dari RSUP Persahabatan dalam bentuk plakat kepada Lurah Cipinang, H. Wahyudi  dan Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, drg IwanKurniawan, Msi, Mkes. Melalui ketua koordinator Bakti Sosial RSUP Persahabatan, dr Onny Khonsa menjabarkan Bakti Sosial di kelurahan Cipinang dalam bentuk pemeriksaan kesehatan gratis yakni

  • Pemeriksaan test IVA
  • Pemeriksaan SADANIS
  • Pemeriksaan Paru Spirometri
  • Pemeriksaan Gigi dan Mulut
  • Pemeriksaan Mata
  • Pemeriksaan Penyakit Dalam
  • Pemeriksaan THT
  • Konsultasi Gizi
  • Pengukuran Gula Darah, Tekanan Darah dan Tinggi Badan

Total pasien yang mendaftar sebanyak 410 orang. Adapun diketahui dari 114 pasien IVA di kegiatan bakti sosial ini sebanyak 2,9 % diindikasi positif.Metode skrinning IVA ini dilakukan dengan cara inspeksi visual pada serviks yang diberi asam asetat atau dikenal dengan asam cuka. Setelah dilihat posisinya, leher rahim dipulas dengan asam asetat kadar 3-5 persen, selama 1 menit. Proses ini tidak menyakitkan. Hasilnya langsung diketahui saat itu juga, antara normal (negatif), atau positif (ada lesi pra-kanker). 

Sebagai penutup, dibagikan berbagai macam doorprize untuk para peserta yang telah mendaftar dalam kegiatan bakti sosial HUT ke 54 RSUP Persahabatan. (IPH&PKRS/Ifa)

 

Galeri Photo :

dr. Mohammad Ali Toha, MARS memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan bakti sosial dalam rangka HUT ke 54 RSUP Persahabatan.

 

Kasudin Kesehatan Jakarta Timur drg. IwanKurniawan, Msi, Mkes memberikan sambutan sebelum pelaksanaan bakti sosial dimulai.

 

Lurah Cipinang H. Wahyudi saat memberikan sambutan pada acara bakti sosial yang diadakan oleh RSUP Persahabatan.

 

Foto bersama jajaran direksi RSUP Persahabatan, Kasudinkes Jakarta Timur, Lurah Cipinang beserta tim Berbagi Peduli.

 

Pemeriksaan Paru Spirometri digunakan untuk memeriksa fungsi paru-paru dan untuk menentukan apakah paru-paru terserang penyakit tertentu.

Salah satu anak mengikuti kegiatan pemeriksaan mata gratis yang diadakan oleh RSUP Persahabatan di kantor kelurahan Cipinang.

 

Pemeriksaan THT gratis diikuti oleh warga cipinang dan sekitarnya.

 

Pemeriksaan Gigi & Mulut dilakukan oleh tenaga medis ahli RSUP Persahabatan kepada salah satu warga yang mengikuti kegiatan baksos.

 

Pengukuran Gula Darah, Tekanan Darah dan Tinggi Badan juga tersedia dalam layanan gratis Berbagi Peduli RSUP Persahabatan.

 

Tim Berbagi Peduli Bakti Sosial HUT ke 54 RSUP Persahabatan.