Antusiasme Peserta Car Free Day Melakukan Pemeriksaan Spirometri

 Home / Berita /Antusiasme Peserta Car Free Day Melakukan Pemeriksaan Spirometri
Antusiasme Peserta Car Free Day Melakukan Pemeriksaan Spirometri

Antusiasme Peserta Car Free Day Melakukan Pemeriksaan Spirometri

Jakarta( 10/11),  Penyakit  Paru Obstruktif Kronik (PPOK) atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) adalah suatu penyakit yang dapat dicegah dan diobati yang telah menjadi masalah utama pada kesehatan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Jumlah penderita PPOK di seluruh dunia mengalami peningkatan dari sekitar 227 juta kasus pada tahun 1990 menjadi 384 juta kasus pada tahun 2010 dengan prevalensi 11,7%, di mana prevalensi tertinggi terjadi di Amerika dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri diperkirakan terdapat 4,8 juta jiwa penderita PPOK dengan prevalensi lebih tinggi pada pria, dan akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia.

 Hari PPOK Sedunia adalah acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2002 atas Prakarsa Global Initiative for Chronic Obstructive Lung Disease (GOLD) yang diperingati pada setiap hari Rabu pada minggu kedua atau ketiga pada bulan November setiap tahunnya. Acara ini merupakan upaya global untuk memperluas pemahaman tentang penyakit PPOK dan menyediakan pelayanan yang lebih baik bagi pasien PPOK di seluruh dunia. Tema Hari PPOK sedunia tahun 2017 ini adalah “The Many Faces of COPD”.

Dalam upaya preventif terhadap penyakit PPOK maka bentuk pencegahan yang dapat dilakukan adalah berhenti merokok. Metode skrining berupa pemeriksaan spirometri juga dilakukan agar dapat menjaring pasien PPOK sejak dini. Seperti yang dilakukan  RSUP Persahabatan dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) pada Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) tepatnya di depan Plaza Sarinah Thamrin Sudirman. Masyarakat yang sedang berolahraga, berhenti sejenak dan antusias mengikuti pemeriksaan. Sebanyak 300 peserta pemeriksaan Spirometri yang dimulai dari pukul 07.00 -10.00 WIB. Dimana sebelumnya dilakukan long march sosialisasi oleh jajaran dokter paru dan PPDS paru sepanjang jalan Sudirman. Seperti yang dikatakan oleh ketua panitia nya, Prof dr Faisal Yunus, PhD, SpP(K) tujuan diadakan acara ini adalah  “menyaring  para peserta Car Free Day dengan pemeriksaan spirometri dan melakukan sosialisasi serta edukasi mengenai PPOK itu sendiri.”  (IPH&PKRS/Ifa)